Cara Mengatasi Komputer sering Hang

KOMPUTER HANG adalah masalah yang sering dialami oleh komputer yang sudah berumur sekitar 3 tahun ke atas. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan komputer baru juga sering hang. Ini adalah penyakit komputer yang bisa membuat user stres. Solusi praktis dan cepat adalah Lem Biru ( Lempar beli Baru ). Tapi jika dompet sedang kering, sebaiknaya lakukan pemeriksaan lalu atasi masalah penyebab HANG. Cara mengatasi permasalahan komputer yang satu ini bermacam – macam tergantung dari penyebabnya.

Penyebab dan Solusi Komputer Hang

1. Komputer hang karena CPU terlalu panas
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :

  • Buka heatsing dan kipas processor secara hati – hati.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  • Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

2. Masalah koneksi LAN (Local Area Network)
Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komputer yang selalu hang karena masalah koneksi LAN adalah sebagai berikut :

  • Pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • Gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
  • contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  • Lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • Troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

3. Komputer hang karena VGA Card rusak
Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat keruksakan pada katu VGA-nya. Pastikan penyeban komputer hang karena VGA yang rusak dengan melepas VGA lalu memasang di komputer lain. Jika terjadi hal yang sama, cara terbaik adalah dengan mengganti VGA Card.

4. Komputer hang karena Power Supply kekurangan daya
Komputer juga sering hang karena Power Supply kekurangan daya. Pastikan pasokan listrik yang masuk ke power supply cukup. Jika masalah belum teratasi, ganti power supply dengan watt yang lebih tinggi.

5. Komputer hang karena hard disk bad sector
Bad sector pada hardisc karena terlalu sering instal ulang windows. Penyebab lain karena terjadi benturan pada hardisc sehingga sehingga merusak komponen di dalamnya. Untuk memerikas hardisc bad sector atau tidak, klik DISINI. Beberapa pertolongan pertama bisa dilakukan. Tapi jika ingin membuat komputer berjalan normal, solusi terbaik adalah dengan mengganti hardisc.

http://pammasena.blogspot.com/2012/07/cara-mengatasi-komputer-sering-hang.html